Kamis, 21 Desember 2017

Tradisi Unik Desa Gesing Setiap Tilem Keenam



Bali merupakan provinsi kecil dengan sejuta tradisi. Membicarakan tradisi tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu tradisi unik yang ada di Desa Gesing, Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng adalah Tradisi Ngiringang Ida Ayu Ratu Mas.
Senin, 19 Desember 2017 merupakan Rahina Tilem keenam. Desa Gesing, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali melaksanakan upacara ngiringang Ida Ayu Ratu Mas. Ida Ayu Ratu Mas dipercaya sebagai perwujudan dari Bhatari atau Dewi Durga (Durga Devi) sebagai sakti dari Dewa Siwa sang pelebur. Upacara ini dilaksanakan setiap tilem keenam atau setiap satu tahun sekali.

Upacara ngiringang Ida Ayu Ratu Mas dilakukan oleh masyarakat Gesing sebagai perwujudan syukur setelah panen dan juga sekaligus sebagai upacara dalam penyucian desa meruat alam atau mecaru desa.
“Pada dasarnya upacara ini dilakukan untuk mengucap syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas rahmatnya yang melimpah, upacara ini dilaksanakan setelah panen atau saat Tilem Keenam. Selain sebagai sarana mengucap syukur upacara ini dilakukam untuk melakukan penyucian desa seperti mecaru desa.” Ungkap salah satu warga Gesing, Gusti Bagus Wijaya Laksana.
Ida Ayu Ratu Emas magenah (ditempatkan) di gedong penyimpenan Pura Dalem Desa Gesing. Ida Ayu Ratu Mas diarak mengelilingi desa, dari ujung desa sampai kembali lagi ke Pura Dalem. Upacara ngiringang Ida Ayu Ratu Mas dimulai dengan acara persembahyangan yang dilakukan di Pura Dalem Gesing. Persembahyangan tersebut dimulai pukul 14.00 WITA. Kemudian setelah itu warga Desa Gesing bersama-sama menuju ke daerah Pangked (daerah Gesing paling ujung atas). Setelah itu berjalan melawati pos-pos atau tampek. Adapun pos-pos tersebut berjumlah 16 tampek, dimana pada setiap tampek Ida Ayu Ratu Mas disambut oleh penari penari yang menarikan Tari Pendet.di setiap Tampek tersebut dilaksanakan pecaruan. Rangkaian acara terakhir adalah melakukan penyimpanan Ida Ayu Ratu Mas kembali ke Pura Dalem. Jero Mangku Dalem yang biasa dipanggil Mangku Siang merupakan juru kunci dan yang memakai Ida Ayu Ratu Mas pada saat upacara berlangsung. Di bawah ini adalah sosok dibalik  Ida Ayu Ratu Mas.


Sumber Foto : Gusti Bagus Wijaya Laksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TADA SUKLA: BANTEN GALUNGAN DESA PEDAWA

                        Gambar di atas merupakan “ Tada Sukla ” salah satu s...